LAUNCHING DAN EXPO PRODUK BARU BERBASIS MOCAF
Matching Fund Kedaireka 2022 :
“Pengembangan Socio-Agrotechnopreneurship Berbasis Singkong, Mocaf, dan Produk Diversifikasinya untuk Menguatkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan serta Pemulihan Ekonomi Nasional di Era Society 5.0”
Deskripsi :
Pada hari Selasa, 29 November 2022, P3T LPPM UNSOED melaksanakan LAUNCHING DAN EXPO PRODUK BARU BERBASIS MOCAF, Kegiatan ini merupakan rangkaian program Matching Fund 2022 dengan Judul : “Pengembangan Socio-Agrotechnopreneurship Berbasis Singkong, Mocaf, dan Produk Diversifikasinya untuk Menguatkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan serta Pemulihan Ekonomi Nasional di Era Society 5.0”
Kegiatan diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari kelompok tani singkong, UMKM mocaf dan wirausahawan pangan lainnya, kelompok masyarakat produktif ekonomi dan non produktif ekonomi yang ada di Kabupaten Banyumas.
Dr Santi Dwi Astuti selaku ketua program menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan dan mendiseminasikan inovasi Unsoed yaitu Tepung singkong termodifikasi (mocaf) dan produk diversifikasinya yang telah diimplementasikan kepada pengguna teknologi khususnya industri berbasis singkong dan mocaf yaitu Rumah mocaf indonesia dan beberapa UMKM pengolah singkong dan mocaf lainnya yang ada dikabupaten Banjarnegara.
Dalam sambutannya, Prof Sakhidin, Dekan Fakultas Pertanian, yang mewakili pimpinan Unsoed menyampaikan bahwa kegiatan diseminasi yang mempertemukan para inovator dan mitra pengguna teknologi diharapkan dapat meningkakan kemanfaatan temuan yang telah dihasilkan oleh para peneliti Unsoed dan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang bekelanjutan dengan dunia usaha dan dunia industri.
Selanjutnya, Dr. Sri Wahyu Handayani, SH, M.H., Sekretaris LPPM Unsoed menambahkan bahwa hilirisasi inovasi teknologi yang diimplementasikan oleh para Inovator Unsoed diharapkan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum dan meningkatan Ipteks dan ketrampilan teknis bagi para mitra pengguna teknologi.
Kegiatan launching dan expo produk baru berbasis mocaf diawali dengan penjelasan terkait dengan keunggulan, potensi dan prospek pengembangan mocaf dan produk diversifikasinya dan cara pembuatan dari produk-produk tersebut. Mocaf merupakan tepung dari umbi singkong yang dibuat melalui modifikasi terkendali dengan inokulum komersial seperti Bimo CF. Mocaf memiliki keunggulan yaitu dibuat dari komoditas lokal indonesia, dapat menggantikan tepung terigu (impor) dalam pembuatan aneka produk bakeri dan mie, memiliki kadar serat pangan yang tinggi, mengadung gula yang rendah.
Ada 6 produk baru yang perkenalkan pada kegiatan ini, yaitu tepung mocaf yang dibuat dengan bimo CF, mie mocaf bebas gluten, egg rolls mocaf bebas gluten, biscuit mocaf bebas gluten, serta tepung premix mocaf untuk produksi muffin dan brownies.
Pada kegiatan ini, Seluruh peserta diminta untuk mencicipi produk dan memberikan kesan atas hasil uji sensori yang dilakukan. Secara umum, para peserta menyampaikan bahwa produk memiliki warna, cita rasa, dan tekstur yang disukai, kemasan dan label yang menarik sehingga layak untuk dikembangkan dan dipasarkan secara luas.